ANALISIS DAMPAK KETERLIBATAN MAHASISWA, ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODERASI KEPERCAYAAN DIRI
Saringatun Mudrikah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 161 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan kepercayaan diri berada pada kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar berada pada tingkat sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dipengaruhi oleh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar. Kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh keterlibatan mahasiswa, adversity quotient, dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterlibatan Mahasiswa, Adversity Quotient, Motivasi Belajar, Kepercayaan Diri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i2.76885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Elisa Pratiwi, Saringatun Mudrikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.