BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF: ANALISIS ISI BUKU TEKS AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK

Berlina Ayu Wijayanti, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sulikah Sulikah, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Malang

Abstract


Buku teks merupakan sumber belajar yang masih banyak digunakan untuk pembelajaran di sekolah, namun hanya sedikit penelitian yang secara khusus mengevaluasi buku teks akuntansi keuangan SMK kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks akuntansi keuangan kelas XI SMK dari aspek tujuan pembelajaran dan latihan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Analisis isi tersebut berdasarkan elemen berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, kesimpulan, evaluasi, pembuktian, perbaikan diri dan indikator kreativitas menurut Guilford yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, berpikir terperinci. Tahapan penelitian ini diadopsi dari Hopf dan Schmidt yang terdiri dari mengembangkan kategori, membuat kode, mengkodekan data, menyajikan tabel, serta menginterpretasikan hasil. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder dan terdiri dari tiga buku teks. Hasil penelitian menemukan keterampilan berpikir kritis dan keatif lebih banyak termuat pada satu buku, sedangkan pada dua buku lainnya masih kurang. Kata kerja yang paling banyak ditemukan dalam kategori berpikir kritis seperti: menelaah, menjelaskan, mengklasifikasi, mendefinisikan, mengidentifikasi, mencatat, menganalisis, menghitung, menyimpulkan, dan menilai. Sementara pada berpikir kreatif seperti: membuat, menciptakan, menghasilkan, mengamati, meniru dan memodifikasi. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi literature dan wawasan bagi guru dalam menentukan buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Kata kunci: Buku teks, Analisis isi, Berpikir kritis, Berpikir kreatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.71859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.