ANALISIS STUDENT COURSE ENGANGEMENT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

weny nurwendari, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sondang Aida Silalahi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Kornelius Harefa, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Ulfa Nurhayani, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Sebagai mahasiswa, mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar dan memenuhi semua kewajiban akademik yang ada. Namun, di sisi lain, mereka juga diharapkan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan yang terkait dengan perkuliahannya. Dalam penelitian ini, digunakan konsep keterlibatan mahasiswa secara umum dalam konteks perkuliahan untuk memudahkan pengumpulan data utama dan pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana atau seberapa besar mahasiswa terlibat dalam proses perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga melibatkan pengujian hubungan antara keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan dengan variabel lainnya, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), jenis kelamin, dan jumlah kegiatan yang diikuti baik di dalam dan di luar kampus. Studi ini dilakukan dengan metode survei pada mahasiswa yang aktif megikuti kegiatan perkuliahan yaitu mahasiswa yang sudah mengisi KRS pada semester genap. Data yang terkumpul akan di uji dengan structural equational modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan akuntansi memiliki student course engagement yang tinggi serta varibel IPK memiliki pengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 1.965, Jenis kelamiin berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 15.166, kegiatan luar dan dalam kampus berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 10.958.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.67786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.