MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SPREADSHEET AKUNTANSI

Merinda Noorma Novida Siregar, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rizqi Ilyasa Aghni, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Dian Normalitasari Purnama, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Siswanto Siswanto, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial berbasis audio visual pembelajaran Akuntansi Spreadsheet dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4D. Tahapan dalam pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis audio visual ini meliputi empat tahap yaitu: Tahap Define yang merupakan tahap awal untuk mendefinisikan masalah yang muncul di lapangan. Tahap Design yaitu tahap merancang produk media pembelajaran berbasis audio visual. Tahap Develop, yakni penilaian media oleh ahli materi, ahli media dan praktisi dosen untuk mendapatkan saran dan masukan, kemudian melakukan uji pengembangan untuk mendapatkan respon dari mahasiswa. Tahap Disseminate, menyebarluaskan media pembelajaran melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan skor sebesar 4,88; penilaian ahli media mendapatkan skor sebesar 4,70; penilaian praktisi mendapatkan skor 4,67; dan respon mahasiswa mendapatkan skor sebesar 4,55 keseluruhan penilaian termasuk kategori Sangat Layak.

 

Kata kunci: Audio Visual; Media Pembelajaran; Pembelajaran Akuntansi; Spreadsheet Akuntansi; 4D Model.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.67498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.