PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Abstract
Dengan adanya berbagai kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa masyarakat, perlu diperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan operasional perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility. Adapun variabel independen yang digunakan adalah pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan saham publik. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2018 - 2022. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 16 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan kepemilikan manajerial dan kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Kata kunci: CSR, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v22i1.67283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.