IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA DI SMK PGRI WONOASRI

Wanda Sasmitha, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Supri Wahyudi Utomo, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Elana Era Yusdita, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan dengan baik di SMK PGRI Wonoasri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik penelitian berupa observasi, wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, guru Akuntansi Keuangan dan Lembaga dan siswa siswi SMK PGRI Wonoasri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang dilakukan oleh guru Akuntansi Keuangan dan Lembaga sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari pembekalan konsep kurikulum merdeka secara informative baik dalam online maupun offline. Kedua perancangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Ketiga merencanakan Alur Tujuan Pembelajaran, Keempat perancangan modul ajar yang sesuai dengan proyek penguatan pelajar Pancasila. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi ajar, seperti diskusi, discovery learning, Project Based Learning (PJBL), problem based learning (PBL). menggunakan pendekatan terdiferensiasi. Media yang digunakan yang digunakan sudah menggunakan audio, visual.

 

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Akuntansi Keuangan dan Lembaga


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i2.65274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.