PERAN PROSPEK KERJA DALAM MEMODERASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI

Widhya Nur Khasanah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Kardiyem Kardiyem, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Setiap tahun, siswa kelas XII SMA/MA/SMK yang berencana melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi akan dihadapkan dengan pilihan yang rumit dalam menentukan jurusan/prodi yang harus dipilih. Pengambilan keputusan memilih prodi merupakan proses yang dilalui calon mahasiswa dalam membuat keputusan untuk menentukan alternatif program studi terbaik sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki dengan pertimbangan faktor lainnya pula. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi terhadap pengambilan keputusan memilih prodi dengan prospek kerja sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2021 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan simple random sampling dan diperoleh 116 mahasiswa berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan memilih prodi. Prospek kerja tidak mampu memperkuat pengaruh minat, dukungan orangtua, dan reputasi prodi terhadap pengambilan keputusan memilih prodi.

Kata kunci: Minat, Dukungan Orangtua, Reputasi Prodi, Prospek Kerja, Keputusan Memilih Prodi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.54524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.