PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Muammar Syarif Mifthahurrachman, Accounting Education Department

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Kecerdasan Emosional digunakan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional pada hubungan antara Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014.

Penelitian ini termasuk penelitian “ex-post facto”, peneliti mencoba untuk menentukan penyebab, pengaruh, dan efek dari suatu peristiwa yang telah dipelajari oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen, Lingkungan Belajar (X1) terhadap variabel dependen, Akuntansi Prestasi Belajar (Y) melalui variabel moderating yang memperkuat hubungan antara variabel independen dan dependen yaitu Kecerdasan Emosional (X2). Karena data yang dikumpulkan dalam angka, analisis yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, ada bukti empiris bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Hal ini menunjukan lingkungan belajar yang baik akan berdampak positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi mereka. Ada juga bukti empiris yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari Kecerdasan emosional dalam hubungan antara Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa di Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Para siswa dengan Kecerdasan Emosional yang tinggi dan Lingkungan Belajar yang kondusif dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi mereka.

 

Kata kunci: Lingkungan Belajar, Kecerdasan Emosional, Variabel Moderating


Full Text:

10 - 19 (PDF)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.