PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR

Ika Widya Martanti, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Denies Priantinah, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Akuntansi dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif selama dua siklus. Pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis, angket, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Selain itu, peningkatan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Akuntansi juga dianalisis dengan uji Paired Samples T-test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Akuntansi. Peningkatan Pemahaman Konsep Akuntansi ditunjukkan dengan peningkatan dari nilai pre-test ke post-test tiap siklusnya. Nilai rata-rata akhir siklus II sebesar 90,30 atau dalam kriteria sangat baik. Motivasi Belajar Akuntansi juga mengalami peningkatan antara skor sebelum dan setelah penerapan tiap siklusnya. Akhir siklus II skor rata-rata Motivasi Belajar berada pada kriteria baik sebesar 84,82.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.