PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN NHT DENGAN MEDIA SOFTWARE JIGSAW PUZZLE

Dicky Pradana, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Software Jigsaw Puzzle. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dalam dua pertemuan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yang menunjukkan penilaian aktivitas belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian Aktivitas Belajar Siswa meningkat yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor observasi siklus I sebesar 77,23% dan siklus II sebesar 90,07%, hal ini berarti terdapat peningkatan sebesar 12,84% (Absolut) dan 16,63% (Relatif). Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa juga terjadi peningkatan persentase Aktivitas Belajar Akuntansi siswa sebesar 10,77% (absolut) dan 13,83% (relatif) dimana persentase pada siklus I sebesar 77,87% meningkat menjadi 88,64% pada siklus II.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Software Jigsaw Puzzle, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.