PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA VOKASI MELALUI GAMIFIKASI AKUNTANSI

Endra Murti Sagoro, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Isroah Isroah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Amanita Novi Yushita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eko Putri Setiani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Atika Atika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di era indutri 4.0 berdampak pada perubahan proses pembelajaran menjadi lebih inovatif dengan memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan gamifikasi akuntansi berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa vokasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen laboratorium dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan 84 mahasiswa dari program studi D4 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Statistik deskriptif penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kinerja mahasiswa vokasi pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kinerja mahasiswa vokasi pada kelompok kontrol (70,16 untuk kelompok eksperimen dan 64,02 untuk kelompok kontrol). Perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 6,14. Selanjutnya, hasil ini diperkuat oleh hasil pengujian independent sample t-test yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa vokasi yang menggunakan gamifikasi dan hasil belajar mahasiswa vokasi yang menggunakan non gamifikasi. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis gamifikasi lebih baik daripada pembelajaran non gamifikasi.

Kata Kunci: Gamifikasi Akuntansi; Teknologi Pendidikan, Game Pembelajaran; Proses Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i2.50873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.