PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS TERHADAP ASPIRASI KARIR BIDANG AKUNTANSI

Choirul Umatin, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Malang
Endang Sri Andayani, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Malang

Abstract


Bidang akuntansi merupakan salah satu bidang pekerjaan yang menarik. Hal ini karena bidang akuntansi merupakan bidang yang berorientasi pada detail. Pada umumnya, pekerjaan akuntan terkenal dengan keterampilannya dalam hal menulis laporan keuangan. Namun, mengingat kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks, keterampilan interpersonal dan komunikasi menjadi penting untuk dikembangkan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Hal ini membuat lulusan akuntansi harus mempunyai keterampilan yang unggul untuk dapat bersaing dengan lulusan lainnya. Proses pemilihan atau pengambilan keputusan karir seseorang di bidang akuntansi melibatkan banyak hal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh Self-efficacy dan kemampuan Bahasa Inggris terhadap aspirasi karir bidang akuntansi mahasiswa Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian ini adalah 167 mahasiswa tingkat akhir Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan metode Proportional stratified random sampling. Selanjutnya, data diolah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Self-efficacy dan kemampuan Bahasa Inggris berpengaruh positif signifikan terhadap aspirasi karir bidang akuntansi mahasiswa Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci: Self-efficacy; Kemampuan Bahasa Inggris; Aspirasi Karir; Akuntansi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.47105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.