PENGEMBANGAN MEDIA “ECCAPY” BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Febriana Putri Istiqomah, Universitas Negeri Yogyakarta
Rizqi Ilyasa Aghni, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi “Eccapy”; mengetahui tingkat kelayakan media “Eccapy” dari penilaian para ahli dan guru pembelajaran (praktisi); mengetahui respon pengguna media “Eccapy”; mengetahui meningkatnya motivasi belajar setelah penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan Media “Eccapy” berdasarkan: 1) Ahli Media menunjukan rerata hasil 3,99 dan dikatakan Layak, 2) Ahli Materi menunjukan rerata hasil 4,38 dan dikatakan Sangat Layak, dan 3) Praktisi pembelajaran menunjukan rerata hasil 4,08 dan dikatakan Layak. Penilaian kelayakan media berdasarkan respon pengguna menunjukan rerata hasil 4,25 dan dikatakan Sangat Layak. Pada pengujian motivasi belajar dihasilkan Sig. = 0,000>0,05 yang dapat artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol tanpa penggunaan media dan kelas eksperimen dengan penggunaan media.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.33353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.