PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS ADMINISTRASI PAJAK KELAS XII AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.32534Abstract
Pengembangan ini menghasilkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) mata pelajaran Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 yang terintegrasi HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis HOTS, mendeskripsikan kelayakan dari para ahli dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS Administrasi Pajak yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel, (1974), dengan tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket, dengan dua jenis angket yakni angket terbuka dan tertutup. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menghasilkan saran dan komentar dari para ahli pada unsur materi, evaluasi, kebahasaan, dan kegrafikan yang digunakan untuk perbaikan produk sebelum proses penilaian kelayakan. Produk yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata kelayakan unsur materi, evaluasi, kebahasaan, dan kegrafikan sebesar 91,4% pada interpretasi sangat layak dari tim Ahli. Selanjutnya, hasil uji coba pada peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 95,4% pada interpretasi sangat memahami
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.