PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS ADMINISTRASI PAJAK KELAS XII AKUNTANSI

Alfiyani Safiratul Faiza, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Joni Susilowibowo, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Pengembangan ini menghasilkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) mata pelajaran Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi sebagai salah satu bahan ajar yang dapat digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 yang terintegrasi HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis HOTS, mendeskripsikan kelayakan dari para ahli dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS Administrasi Pajak yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel, (1974), dengan tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket, dengan dua jenis angket yakni angket terbuka dan tertutup. Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menghasilkan saran dan komentar dari para ahli pada unsur materi, evaluasi, kebahasaan, dan kegrafikan yang digunakan untuk perbaikan produk sebelum proses penilaian kelayakan. Produk yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata kelayakan unsur materi, evaluasi, kebahasaan, dan kegrafikan sebesar 91,4% pada interpretasi sangat layak dari tim Ahli. Selanjutnya, hasil uji coba pada peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 95,4% pada interpretasi sangat memahami


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.32534

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.