PENDIDIKAN AKUNTANSI FORENSIK DI INDONESIA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Ratna Yudhiyati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini menganalisis secara sistematis artikel dan penelitian yang sudah ada tentang pendidikan akuntansi forensik di Indonesia. Penelitian ini juga hendak mengidentifikasi tren penelitian di bidang pendidikan akuntansi forensik untuk mengetahui peluang atau gap topik yang belum dibahas terkait dengan topik ini. Penelitian ini merupakan kajian literatur yang menggunakan metode narrative review dan descriptive review.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua pihak sepakat bahwa akan ada kenaikan permintaan akuntansi forensik yang mendorong mulai diajarkannya akuntansi forensik di bangku perguruan tinggi. Sayangnya, terdapat perbedaan pendapat tentang bagaimana pengajaran akuntansi forensik tersebut. Pelajar dan akademisi mendukung topik akuntansi forensik dileburkan pada mata kuliah lain, sedangkan praktisi lebih menginginkan mata kuliah yang terpisah. Penelitian lain merumuskan bahwa keahlian dan karakter yang perlu dibangun pada diri akuntan forensik di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga atribut, yakni mentalitas, keahlian investigasi, dan pengalaman dalam menghadapi berbagai jenis kasus.

Kata kunci: kajian literatur, pendidikan akuntansi forensik, atribut akuntan forensik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.