PEMBELAJARAN AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENANAMAN KARAKTER ANTI KORUPSI

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana persiapan pembelajaran akuntasi sebagai media penanaman karakter akti korupsi; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akuntansi; (3) Bagimana penilaian  pembelajaran akuntansi ; (4) Bagaimana kualitas pembelajaran akuantansi sebagai media penanaman karakter anti korupsi; (5) Nilai – nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran Akuntansi  di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis Penelitian dikategorikan pada jenis diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah Guru Akuntansi berjumlah 279, dengan populasi penelitian 165 guru yang diambil dengan proporsional purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket/kuesioner dan lembar observasi. Teknis analaisis data yang digunakan dengan Analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persiapan Pembelajaran Akuntansi pada kategori sangat baik sebagai media penanaman karakter anti korupsi; (2) Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi pada kategori sangat baik sebagai media penanaman karakter anti korupsi; (3) Penilaian Pembelajaran Akuntansi pada kategori sangat baik sebagai media penanaman karakter anti korupsi; (4) Kualitas Pembelajaran Akuntansi pada kategori baik sebagai media penanaman karakter anti korupsi ; (5) Nilai-nilai karakter anti korupsi yanag muncul dalam pembelajaran : Kejujuran, kemandirian, keberanian, Kerjakeras dan  Disiplin seluruhnya pada kategori Baik.

 

Kata Kunci : Karakter, Anti Korupsi, Akuntansi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.31876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.