PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KINERJA MENGAJAR GURU, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah ex post facto dengan populasi sebanyak 96 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Validitas instrumen dibuktikan dengan rumus Korelasi Product Moment sedangkan reliabilitas diestimasi menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,490; r2x1y=0,240; 2)Terdapat pengaruh positif Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan nilai rx2y=0,369; r2x2y=0,136; 3)Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,765; r2x3y=0,586; dan 4)Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi ditunjukkan dengan nilai Ry(123)=0,786 ; R2y(123)=0,618.
Kata kunci: Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, SMK Negeri 1 Tempel
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.