ANALISIS DETERMINAN PEMANFAATAN EDMODO DENGAN MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)
Ahmad Nurkhin, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Kardoyo Kardoyo, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Edmodo dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Semarang program keahlian akuntansi, administrasi perkantoran, dan pemasaran sebanyak 319 orang. Sampel penelitian sebanyak 178 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari model UTAUT. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan bantuan software program IBM SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan performance expectancy dan facilitating condition memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap use behavior melalui behavioral intention. Hasil lainnya menunjukkan bahwa social influence tidak berpengaruh secara langsung terhadap use behavior dan behavioral intention tetapi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap use behavior melalui behavioral intention. Effort expectancy tidak memiliki pengaruh langsung terhadap behavioral intention dan tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap use behavior melalui behavioral intention. Namun demikian effort expectancy terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap use behavior. Terakhir, behavioral intention terbukti berpengaruh signifikan terhadap use behavior.
Kata Kunci: Edmodo, UTAUT, use behavior, behavioral intention
Kata Kunci: Edmodo, UTAUT, use behavior, behavioral intention
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.