PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Melly Yovitasari, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 3) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018, 4) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Seabaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prayarat analisis data meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =799 dan =0,638, 2) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =730 dan =0,533, 3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai =795 dan =0,631, 4) terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan =0,876 dan = 0,768, artinya bahwa Persepsi Siswa tentang Medote Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan sebesar 76,8% .

 

Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.