IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK TAHUN AJARAN 2017/2018

Niken Fathia Saraswati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan dapat dilihat dari skor persentase observasi Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian pada siklus I yaitu 58,80 % menjadi 85,22 % pada siklus II.

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Jurnal Penyesuaian, Small Group Discussion


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.