IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK N I BANTUL TAHUN AJARAN 2006/2007

Robbaniyati Robbaniyati, Alumni Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia
Sukanti Sukanti, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada program keahlian akuntansi di SMK N I Bantul tahun ajaran 2006/2007 yang meliputi perencanaan kurikulum terdiri dari perencanaan penyusunan kurikulum, kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar siswa, kalender pendidikan, dan silabus mata pelajaran akuntansi, pelaksanaan kurikulum terdiri dari mata pelajaran yang dilaksanakan pada kelas X dan jumlah keseluruhan jam pembelajaran dan jumlah jam pembelajaran akuntansi di kelas X selama semester I, serta kesesuaian dasar pemikiran penyusunan kurikulum program keahlian akuntansi dengan prinsip pengembangan kurikulum.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan  wawancara,. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif melalui reduksi data, klasifikasi data, penafsiran data, display data, dan penarikan kesimpulan. .Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan program keahlian akuntansi di SMK N I Bantul sudak baik. Perencanaan kurikulum telah sesuai dengan standar isi dan pedoman penyusunan yang ditetapkan. Pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang meliputi mata pelajaran yang dilaksanakan pada kelas X dan jumlah keseluruhan jam pembelajaran dan jumlah jam pembelajaran akuntansi di kelas X selama semester I sudah cukup baik. Penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan program keahlian akuntansi memiliki dasar pemikiran yang sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v5i2.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.