MEMBANGUN VISI DAN MISI USAHA KECIL

Sukirno Sukirno, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Usaha kecil merupakan bagian integeral dunia usaha nasional dan mempunyai kedudukan protensi, dan peranan yang sangat penting danstrategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional pada umumnya dan tujuan pembangunan ekonomi pada khususnya. Usaha kecil merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Usaha kecil dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional dan stabilitas ekonomi pada khususnya.

Tulisan ini mencoba menyajikan abstraksi teori tentang pengertian dan teknik pengembangan visi dan misi pada usaha kecil. Keberhasilan usaha kecil berawal dari proses perumusan visi dan misi yang bermakna dan disertai dengan komitmen untuk merealisasi visi dan misi tersebut. Visi adalah suatu kondisi yang diidamkan di masa yang akan datang Sedangkan misi adalah jalur yang akan ditempuh (the chosen track) untuk menyediakan produk bagi konsumen. Misi merupakan langkah pemetaan lingkungan internal dan eksternal untuk menyediakan produk guna mencapai tujuan the excelent customer service. Misi ditetapkan berdasarkan pada asumsi perubahan lingkungan makro dan mikro.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.