KORELASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN PENILAIAN KINERJA MANAJEMEN

Denies Priantinah, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Mini Research ini dikembangkan dari contingency theory yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara struktur organisasi dan situasi, dengan efektifitas organisasi yang dihasilkan dari hubungan ini. Perspektif kontinjensi ini mendukung bahwa penggunaan informasi akuntansi dalam mengevaluasi kinerja manajerial akan bersifat kontingen pada faktor-faktor organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keterkaitan antara faktor desain organisasi dan penggunaan informasi akuntansi untuk penilaian kinerja manajemen. Penelitian ini berusaha mengumpulkan bukti, apakah benar faktor desain organisasi berpengaruh pada informasi akuntansi dimana informasi ini akan digunakan untuk penilaian kinerja manajemen.

Hasil analisis penelititan yang didominasi oleh perusahaan yang menggunakan job shop, bukan flow shop (80% menggunakan job shop) menunjukkan informasi biaya produksi tidak digunakan untuk mengevaluasi kinerja manajerial. Penggunaan informasi biaya untuk kinerja manajerial pada saat barang dalam proses l untuk menilai kinerja manajerial tidak dilakukan. Informasi biaya mengenai biaya set up tidak digunakan untuk menilai kinerja manajerial. Probabilitas juga menunjukkan bahwa penggunaan metode akuntansi untuk biaya set up tidak signifikan dalam penggunaannya untuk penilaian kinerja manajerial


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.