STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DAN EVALUASI BERBASIS KINERJA DALAM MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Moh Djazari, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia
Isroah Isroah, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia
Rr. Indah Mustikawati, Dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui pendekatan konstruktivistik dan evaluasi berbasis kinerja dalam matakuliah Akuntansi Biaya dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

.Data penelitian ini berupa nilai yang diperoleh melalui tugas, kuis, diskusi, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi partisipatif yang dilakukan oleh dua orang peneliti bersama dosen/pengajar matakuliah Akuntansi Biaya (sekaligus sebagai peneliti) selama pembelajaran akuntansi biaya berlangsung; (2) dokumen hasil unjuk kerja mahasiswa; (3) angket yang diisi oleh mahasiswa berkaitan dengan hambatan/kesulitan setelah proses pembelajaran Akuntansi Biaya selesai. Pengolahan data dilakukan dengan pengecekan kelengkapan data dan analisis data.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan prestasi belajar dalam matakuliah Akuntansi Biaya pada mahasiswa, pembelajaran ini diterapkan dengan cara subyek penelitian diminta untuk mengkonstruksikan konsep-konsep yang diperoleh dari hasil membaca buku referensi masing-masing sehingga ditemukan suatu kesimpulan sesuai dengan pemahamannya dengan dipandu oleh dosen. Pemahaman ini akan terekam dalam pemikiran sehingga mereka dapat mengulang kembali konsep-konsep tersebut pada saat diperlukan sehingga mampu  meningkatkan prestasi belajarnya. (b)  Evaluasi berbasis kinerja dapat memberikan penilaian yang obyektif dan menunjukkan kinerja mahasiswa yang sesungguhnya. Dari  angket diperoleh data bahwa mahasiswa merasa puas dengan sistem penilaian yang diterapkan dengan alasan dapat menunjukkan nilai yang sesungguhnya dan obyektif.



Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i1.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.