PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 92 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y= 0,874, ttabel= 1,987, r2x1y= 0,764. 2) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y= 0,628, ttabel= 1,987, r2x2y= 0,394. 3) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx3y= 0,437, ttabel= 1,987, r2x3y= 0,191. 4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3)= 0,896, R2y(1,2,3)= 0,804, Fhitung= 120,095, Ftabel= 2,47. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 60,81% dan Sumbangan Efektif 48,90%. Sumbangan Relatif Minat Belajar sebesar 25,15% dan Sumbangan Efektif 20,22%. Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua sebesar 14,04% dan Sumbangan Efektif 11,29%.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.