PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN TEMPEL

Authors

  • Triyani Budi Utami Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pardiman Pardiman Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan populasi karena seluruh siswa dijadikan sebagai subjek penelitian, yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Kedua data tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan ke dua menggunakan regresi sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx1y = 0,459, r2x1y = 0,210, thitung (4,528) > ttabel (1,994), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx2y = 0,378, r2x2y = 0,143, thitung (3,585) > ttabel (1,994), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan Ry(1,2) = 0,558, R2y(1,2) = 0,312, Fhitung (17,209) Ftabel (3,13). Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi 60,95%, Perhatian Orang Tua 39,05%, sedangkan sumbangan efektif variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi sebesar 19,02% dan variabel Perhatian Orang Tua 12,18%.

 

Kata kunci: Persepsi tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar.

Downloads

Published

06/01/2013

How to Cite

Utami, T. B., & Pardiman, P. (2013). PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN TEMPEL. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1684