PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN TEMPEL
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1684Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan populasi karena seluruh siswa dijadikan sebagai subjek penelitian, yaitu sebanyak 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Kedua data tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan ke dua menggunakan regresi sederhana, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx1y = 0,459, r2x1y = 0,210, thitung (4,528) > ttabel (1,994), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx2y = 0,378, r2x2y = 0,143, thitung (3,585) > ttabel (1,994), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan Ry(1,2) = 0,558, R2y(1,2) = 0,312, Fhitung (17,209) Ftabel (3,13). Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi 60,95%, Perhatian Orang Tua 39,05%, sedangkan sumbangan efektif variabel Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi sebesar 19,02% dan variabel Perhatian Orang Tua 12,18%.
Kata kunci: Persepsi tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.