EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODUL BELAJAR AKUNTANSI PADA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 YOGYAKARTA

Ninda Okta Winggani, Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi pada kelas XI kompetensi keahlian Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari indikator kemudahan dalam penyampaian materi, adanya solusi atas keterbatasan dalam pembelajaran, variasi dalam pembelajaran, penilaian diri dan pembelajaran tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  yang dilakukan di SMK N 1 Yogyakarta. Subjeknya adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK N 1 Yogyakarta yang berjumlah 65 siswa dan 3 orang guru mata diklat Akuntansi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket penelitian.Teknik analisis data dengan menggunakan tabel, tabel distribusi frekuensi, grafik dan pengukuran gejala pusat. Hasil penelitian ditinjau dari perspektif guru menunjukkan efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi secara keseluruhan termasuk dalam kategori efektivitas tinggi dengan rerata hitungnya sebesar 110,67 dan untuk hasil efektivitas per indikator menunjukkan kelima indikator juga termasuk dalam kategori efektivitas tinggi. Hasil penelitian ditinjau dari perspektif siswa menunjukkan efektivitas implementasi sistem modul belajar Akuntansi secara keseluruhan termasuk dalam kategori efektivitas tinggi dengan rerata hitungnya yaitu sebesar 116,63 dan untuk hasil efektivitas per indikator menunjukkan kelima indikator juga termasuk dalam kategori efektivitas tinggi.

Kata kunci: Efektivitas, Implementasi Sistem Modul Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.