PENGEMBANGAN CROSSWORD PUZZLE ACCOUNTING (CPA) BERBASIS ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Enik Widiastuti, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan Crossword Puzzle Accounting berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi. 2) mengetahui kelayakan produk Crossword Puzzle Accounting berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan guru akuntansi, 3) mengetahui respon siswa mengenai Crossword Puzzle Accounting berbasis elektronik. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) namun dibatasi pada tahap implementasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis produk yang sesuai dikembangkan adalah Crossword Puzzle Accounting. 2) Design, pembuatan storyboard; penyusunan materi dan soal; pembuatan background serta penyusunan instrumen penilaian media. 3) Development, pembuatan media, validasi ahli materi dan ahli media, revisi media, dan validasi guru Akuntansi. Tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian: (1) ahli materi diperoleh rata-rata 4,36 “Sangat Layak” (2) ahli media 4,26 “Sangat Layak” (3) praktisi pembelajaran Akuntansi 4,38 “Sangat Layak”. 4) Implementation, media memperoleh presentase ≥ 65% yang berarti media mendapat respon positif dari siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle Accounting (CPA), media berbasis elektronik, ADDIE.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.