ANALISIS KESIAPAN SERTIFIKASI KOMPETENSI PADA SUB KOMPETENSI KEMAMPUAN MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) BAGI MAHASISWA PRODI AKUNTANSI D3 FAKULTAS EKONOMI (FE) UNY BERDASARKAN SERTIFIKASI KEAHLIAN AKUNTANSI DASAR IKATAN AKUNTAN INDONESIA (IAI)

Patriani Wahyu Dewanti, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan mahasiswa Program Studi Akuntansi D3 Fakultas Ekonomi UNY menghadapi uji sertifikasi kompetensi Akuntansi berdasarkan sertifikasi keahlian Akuntansi Dasar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) guna mendukung persaingan dalam dunia tenaga kerja di era globalisasi.

Penelitian ini termasuk penelitian observasi dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi D3 FE UNY yang sedang menempuh studi semester V sejumlah 47 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah Dokumen Hasil Studi (DHS) berupa nilai mata kuliah terkait kompetensi yang diuji dalam sertifikasi keahlian Akuntansi Dasar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan mahasiswa dalam menghadapi uji sertifikasi kompetensi di bidang Akuntansi Dasar (USKAD). Terdapat tiga kompetensi yang diuji dalam penelitian ini, yaitu mampu menyusun laporan keuangan; menyusun dan menyajikan laporan keuangan; dan melakukan analisis laporan keuangan. Penelitian ini hanya membahas salah satu sub kompetensi dari tiga kompetensi yang diujikan pada sertifikasi kompetensi di bidang Akuntansi Dasar (USKAD), yaitu kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).  Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dalam bentuk tabel kategorisasi kesiapan mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebanyak 48,9% mahasiswa dikategorikan sangat siap; 21,3% siap; 19,1% cukup siap; dan 10,6% kurang siap dalam menghadapi uji kompetensi menyusun laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

 

Kata kunci: Sertifikasi Kompetensi, Sertifikasi Akuntansi, IAI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i2.12874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.