PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTU MEDIA TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
Sukirno Sukirno,
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar pada Kompetensi Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Berbantu Media Teka Teki Silang. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif selama tiga siklus. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Metode Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII Matematika dan Ilmu Alam 1 SMA Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada semua indikator Aktivitas Belajar Siswa dari siklus I sebesar 67,08% meningkat menjadi 83,92% pada siklus II dan diperkuat meningkat menjadi 86% pada siklus III. Berdasarkan data catatan harian menunjukkan perubahan positif sikap siswa terhadap Penerapan Metode Active Knowledge Sharing.
Kata kunci: Metode Active Knowledge Sharing, Teki Teki Silang
Full Text:
(10 - 24)DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.