PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Anindita Laksmi Suhita, Alumni Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Mahendra Adhi Nugroho, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis film dokumenter bagi siswa SMA kelas XII IPS dengan materi perusahaan dagang; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran akuntansi berbasis film dokumenter berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran akuntansi; serta (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar akuntansi siswa sesudah menggunakan film dokumenter sebagai media pembelajaran akuntansi.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian oleh ahli materi dari aspek materi memperoleh skor sebesar 2,7 termasuk dalam kategori baik, dan aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,6 termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media menilai media dari aspek tampilan memperoleh skor sebesar 3,8 termasuk dalam kategori sangat baik dan aspek pemrograman memperoleh skor sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan guru mata pelajaran akuntansi SMA menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,7 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek pembelajaran memperoleh skor sebesar 3,0 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek media memperoleh skor sebesar 3,7 termasuk dalam kategori sangat baik. Pada pengujian gain score memperoleh skor sebesar 0,44 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Film Dokumenter, Motivasi Belajar Akuntansi Siswa


Full Text:

(81 - 88)


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.