Identifikasi penggunaan media digital terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Trimardisunu Demak

Lailis Saadah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Rina Windiarti, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permainan digital terhadap kemampuan motorik halus anak di TK Trimardisunu Demak. Lokasi penelitian dilakukan di TK Trimardisunu Demak. Dalam penelitian mengenai Identifikasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Digital. Sumber datanya yaitu: Kepala Sekolah, Guru serta orang tua murid di TK Trimardisunu. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber merupakan teknik untuk menguji kredibilitas data dengan cara melakukan pengecekan data yang didapatkan dari beberapa sumber. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa media digital mampu memberikan dampak pada kemampuan motorik halus peserta didik di TK Trimardisunu Demak. Media digital menjadi salah satu alternatif kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan serta sesuai dengan perkembangan zaman karena melibatkan TIK. Hanya saja dalam penggunaannya perlu pendampingan baik dari orang tua maupun guru dan diarahkan untuk membuka permainan edukatif yang dapat meningkatkan perkembangannya termasuk salah satunya adalah kemampuan motorik halus.


Keywords


Fine motor skill, digital games, children

Full Text:

PDF

References


Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok A tk khadijah surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini , 6(1), 11–23.

Brown, C. G. (2010). Improving fine motor skills in young children: An intervention study. Educational Psychology in Practice, 26(3), 269–278. https://doi.org/10.1080/02667363.2010.495213

Carter, R., Goddard, A., Reah, D., Sanger, K., & Bowring, M. (2005). Working with texts. Taylor & Francise e library.

de Bruijn, A. G. M., Kostons, D. D. N. M., van der Fels, I. M. J., Visscher, C., Oosterlaan, J., Hartman, E., & Bosker, R. J. (2019). Importance of aerobic fitness and fundamental motor skills for academic achievement. Psychology of Sport and Exercise, 43, 200–209. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2019.02.011

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada aud melalui kegiatan bermain konstruksi plastisin bentuk huruf kelompok b ra taqwal ilah semarang tahun ajaran 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 32–45.

Ferri, F., Grifoni, P., & Guzzo, T. (2020). Online learning and emergency remote teaching: Opportunities and challenges in emergency situations. Societies, 10(4). https://doi.org/10.3390/soc10040086

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi powntoon pada mata pelajaran bimbingan tik. JP2, 4(1), 1–13. https://www.powtoon.com.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media pembelajaran digital untuk stimulasi motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., Fauziyyah, N., Pendidikan Islam Anak Usia Dini, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno Hatta Kel Cimincrang Kec Gedebage Kota Bandung, U., & Barat, J. (2021). Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103.

Nuraini, K., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Implementation of steam learning on children aged 5-6 years at talenta kindergarten semarang. Belia: Early Childhood Education Papers, 11(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/belia.v11i1.56048

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja.

Muryaningsih, Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2019). Funny animal dance game “stimulasi kemampuan motorik anak di era society 5.0.”

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan menggambar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Putra, C. A. (2017). Utilization of multimedia technology for instructional media utilization of multimedia technology for instructional media pemanfaatan teknologi multimedia untuk media instruksional.

Rahim, F. R., Sari, S. Y., Sundari, P. D., Aulia, F., & Fauza, N. (2022). Interactive design of physics learning media: The role of teachers and students in a teaching innovation. Journal of Physics: Conference Series, 2309(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2309/1/012075

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi pembelajaran implementasi pembelajaran era 4.0. UIN Sunan Ampel Press.

Safitri, N., & Eka Nugroho, R. (2017). Stimulation Dance Creations Art On Gross Motor Development Children Aged 5-6 Years in Islamic Al-Huda TK Se-marang. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, 6(1), 39–42. https://doi.org/10.15294/ijeces.v6i1.15785

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas alat peraga edukatif (ape) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. 2(2), 1–30.

Sintia Dewi, N., Aulina, N., & Paud, ) Pg. (2021). penerapan kegiatan berjumput (membatik jumputan) dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. 5, 18–27.

Sonjaya, A. R., Arifin, Z., & Pratiwi, R. A. (2021). Revitalisasi permainan tradisional sebagai wahana peredam permainan digital pada anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 385–396. www.journal.uniga.ac.id

Sukma, E., Mahjuddin, R., & Amelia, R. (2017). Literacy media development in improving reading and writing skill of early class students in elementary school padang utara padang.

Suryana, D., & Desmila, D. (2022). Mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain balok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 143–153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v%vi%i.8632

Sutapa, P., Pratama, K. W., Rosly, M. M., Ali, S. K. S., & Karakauki, M. (2021). Improving motor skills in early childhood through goal-oriented play activity. Children, 8(11). https://doi.org/10.3390/children8110994

Umami, Y. S., Suparno, & Hakim, L. (2020). The development of “paper toys” learning media to stimulate children’s fine motor skills. ACM International Conference Proceeding Series, 250–255. https://doi.org/10.1145/3416797.3416818

Umi Rahmawati, R., Sekar Kusuma, W., & Primashanti Koesmadi, D. (2023). Pengaruh Media Digital Art Illustration Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B. 7(01), 63–73. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i01.12445

Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Silvia, E. F. (2019). Tahapan menggunting meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. In Child Education Journal (Vol. 1, Issue 2).

Windiarti, R. (2019). Smartphone: anak atau orang tua yang sesungguhnya tidak dapat terlepas darinya? Porsiding Seminar Nasional PG PAUD UNTIRTA , 325–333. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/

Winstein, C., Wing, A. M., & Whitall, J. (2003). Motor control and learning principles for rehabilitation of upper limb movements after brain injury (Vol. 9). http://www.bham.ac.uk/symon

Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Putri Winahyu, R., Dewi Suryaningsih, M., & Pramono, D. (2021). Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104–112. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Zhang, C., Wang, C., Deng, Z., Gao, J., Ding, Z., & Chen, J. (2023). Hand copy performance of young children and the illiterate, semi-illiterate, and literate adults. Current Psychology. https://doi.org/10.1007/s12144-023-05009-x




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.65069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats