Analisis peningkatan kepercayaan diri anak melalui gerak dan lagu dolanan
Usep Kustiawan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Munaisra Tri Tirtaningsih, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Kepercayaan diri termasuk aspek penting untuk ditingkatkan pada anak usia dini. Salah satu metode dalam meningkatkan kepercayaan diri anak adalah gerak dan lagu. Pada metode tersebut lagu yang dipakai tidak hanya lagu berbahasa Indonesia saja, namun juga dapat menggunakan lagu dolanan atau lagu anak berbahasa Jawa. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan peningkatan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun melalui metode gerak dan lagu dolanan. Subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita 1 Karangturi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing (verification). Penelitian menemukan bahwa kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita 1 Karangturi berkembang dengan baik, ditunjukkan melalui anak yang berani tampil di depan kelas tanpa menunduk, menyanyikan lagu dolanan dengan lantang, mengikuti gerakan dengan baik, berani mengungkapkan gagasannya, bertanya dan menjawab pertanyaan, semua anak selalu melakukan kegiatan hingga selesai dan berteman dengan baik. Berdasarkan temuan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun meningkat melalui metode gerak dan lagu dolanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Alfiana Nur, Dita Eka Aristiana, Hilmiyah Ariqoh, and Abdul Muhid. 2022. “Penerapan
Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah: Sebuah Systematic Review.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9(2):41–48. doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14518.
Andayani, Sri. 2021. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.” 7(2).
Anggreni, Made Ayu. 2017. “Penerapan Bermain Untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia
Dini.” 1.
Aryenis, Aryenis. 2018. “Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di
Taman Kanak-Kanak Restu Ibu.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 5(2). doi: 10.24036/103726.
Bhayangkari, Najjah, and Kab Bandung Barat. 2020. “11. Wiwin Rusniawati (64-69).”
Chairilsyah. 2016. “Effect Of Motion And Song Of Confidence Of
Children Aged 4-5 Years In Tk Raudhatur Rahmah District Marpoyan Damai Pekanbaru.”
Fitri, Yolanda Mustika, and Nurhafizah Nurhafizah. 2022. “RETRACTED: Pengaruh Metode Gerak
Dan Lagu Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Di TK Kota Padang.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):4831–38. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.1671.
Fransisca, Ria, Sri Wulan, and Asep Supena. 2020. “Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan
Permainan Ular Tangga Edukasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):630. doi: 10.31004/obsesi.v4i2.405.
Hardiyan, Rizki Candra, and Siti Aesijah. 2019. “Pembelajaran Lagu Dolanan Untuk menanamkan
Nilai Karakter Pada Siswa SD Negeri Sekaran 0.”
Haryati, Dwi. 2017. “Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia Dini Melalui
Metode Pembelajaran Paud.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3(2):132. doi: 10.32332/elementary.v3i2.995.
Khaironi, Mulianah. 2018. “Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 2(01):01. doi:
29408/goldenage.v2i01.739.
Khoerunnisa, Nisa. 2015. “Optimalisasi Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengasah Percaya Diri Anak Usia Dini.” (1).
Martiyana, Eka Putri. 2021. “Teachers’ Role In Building The Character Of Confidence In Online-
Based Thematic Learning.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10(1):79. doi: 10.33578/jpfkip.v10i1.8076.
Maududi, Ahmad. 2022. “Meningkatkan Percaya Diri Anak Kelompok B Melalui Metode Gerak Dan
Lagu Di Paud Kb Gong Lestari Otak Kebon.” 2.
Permatasari, Elisabeth Dyah Ayu. 2016. “Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Melalui Gerak Dan Lagu.”
Rif’atin, Rif’atin. 2019. “Optimalisasi Metode Gerak serta Lagu untuk Meningkatkan Kecerdasan
Peserta Didik.” AS-SABIQUN 1(1):68–79. doi: 10.36088/assabiqun.v1i1.178.
Sari, Dian Lukita, Tri Puji Pangesti, Dedi Susanta, Titik Haryanti, and Rahmatul Ahya. 2013.
“Pembelajaran Dan Penerapan Phbs Di Sekolah Melalui Media Lagu Dolanan Jawa.”
Sari, Irma Lailah, Luluk Asmawati, and Laily Rosidah. 2020. “Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan
Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se-Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang-Banten.” 7.
Siswanto, Siswanto, Zaelansyah Zaelansyah, Eli Susanti, and Jeni Fransiska. 2019. “Metode
Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2):35–44. doi: 10.32699/paramurobi.v2i2.1295.
Sudjono, Elisabeth Tri Kurnianti, and Eny Kusumastuti. 2017. “Proses Pembelajaran Gerak Dan Lagu
Yang Kreatif Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Tk Miryam Semarang.”
Talango, Sitti Rahmawati. 2020. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini.” Early Childhood Islamic
Education Journal 1(1):92–105. doi: 10.54045/ecie.v1i1.35.
Uzer, Yuspar. 2019. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak Dan
Lagu Untuk Anak Paud.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):187–93. doi: 10.31851/pernik.v2i01.3117.
Yunita, Lusia Selly. 2014. “Bentuk Dan Fungsi Simbolis Tembang Dolanan Jawa.”
Zaini, Ahmad. 2019. “Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal
Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3(1):118. doi: 10.21043/thufula.v3i1.4656.
Rini. 2013. Lagu Dolanan Anak Sebagai Media Pendidikan Anak Usia Dini. [diunduh
Des 29]. Tersedia pada: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131644620/penelitian/Lagu+Dolanan+Anak+Makalah+Seminar+UNJ+2013.pdf
Wahyuningtyas. 2014. Analisis Pendidikan Karakter dalam Lagu Dolanan Anak. Stain Gajah putih.
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press. ISBN 978-
-97534-3-6
Sulastri, NM. 2020. Identifikasi Metode Pembelajaran yang Diterapkan Guru PAUD Pada Anak
Usia Dini 5-6 Tahun. UNDIKMA Mataram.
Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014
tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Wahid AN, Saddhono K. 2017. Ajaran Moral Dalam Lirik Lagu Dolanan Anak. Mudra Jurnal
Seni Budaya. 32(2).doi:https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.107. [diunduh 2023 Feb 8]. Tersedia pada: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/107
Nurhidayati. 2011. Pelestarian Budaya Jawa Melalui Lagu Dolanan.Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i2.59373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats