Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.57660Keywords:
Pop-up, storybook, media, literacy, childrenAbstract
Literasi baca tulis sebagai literasi dasar yang dibutuhkan anak agar mampu beradaptasi dalam pembelajaran perlu dikuasai oleh anak. Namun, Pengenalan literasi baca masih sebatas dengan menggunakan LKA dan majalah yang kurang menarik. Buku bacaan masih kurang diminati anak, sehingga minat baca anak rendah. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini. Pop-up storybook interaktif merupakan sebuah buku bacaan dengan cerita ilustratif yang dikemas dalam bentuk tiga dimensi serta dapat di mainkan dengan memindahkan bentuk-bentuk gambar yang ada di dalamnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan berdasarkan kerangka ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan melalui tiga tahap yaitu analysis, design dan development. Pop-up storybook interaktif melewati uji kelayakan 2 tim ahli yaitu validasi materi dan validasi media, serta uji kepraktisan yang dilakukan oleh 4 pendidik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up storybook interaktif dapat memudahkan guru dalam menerapkan pembelajaran bercerita dan bermain untuk menumbuhkan budaya literasi anak.References
Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of pop-up book integrated with quranic verses learning media on temperature and changes in matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan budaya literasi pada anak usia dini. Tematik : Jurnal Pemikiran Dan Penelian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88–93. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Branch, Robert, M. (2009). Instructional design: The ADDIE aproach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. New York : Spinger Science & Business Media, LLC 2009. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Cahyati, N., Syafdaningsih, & Rukiyah. (2018). Pengembangan media interaktif dalam pengenalan kata pada anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170.
Forum, W. E. (2015). New Vision for Education Unlocking the Potential of Tecnology. In Word Economic Forum.
Gapinski, S. (2021). A fundamental part of learning: employing play-based learning in marin county , CA Kindergartens. In Literary and Intercultural Studies. https://doi.org/https://doi.org/10.33015/dominican.edu/2021.LCS.ST.02
Ghaisani, D. S., & Ramdhan, Z. (2020). Perancangan background untuk animasi storybook "belajar doa bersama rayi". E-Proceeding of Art & Design, 7(2), 1060–1066.
Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Mullis, Ina, V, S., Martin, Michael, O., Foy, P., Kelly, Dana, L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 International results in mathematics and science. In TIMSS & PIRLS International Study Center. TIMSS & PIRLS International Study Center.
Pramesti, K. M. B., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2019). Dampak menerapkan media pembelajaran interaktif calisbar terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 132–140. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29098
Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Purnomosari, E., Indrawati, I., & Pirunika, S. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang sd/mi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381–3390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.
Qonita, Q., Mulyana, E. H., Loita, A., & Aprily, N. M. (2022). Pengembangan science didactical book untuk menumbuhkan keterampilan proses sains anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6348–6359. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2010
Ramadhani, S. P., Amelia, W., & Mahardika, R. (2018). Development of indonesian cultural environment education books to increase reading students elementary school (Interactive pop-up book betawi culture). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(7). www.ijisrt.com446
Samsinar, S. (2019). Urgensi learning resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic pop-up book as a learning media for early child- hood language development. Jurnal Pendidikan Usia Din, 13, 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.04
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suprayetno, E., Siregar, F. S., & Putri, L. P. (2022). Penerapan pembelajaran media interaktif pop-up book upaya pemberantasan calis (penguasaan baca, tulis) bagi anak 3T kampung pelangi belawan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(7), 2680–2686. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2680-2686
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Triutami, N., Widayati, S., & Komalasari, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 162–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v11i2.54177
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iv sd. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Wildová, R., & KropáÄková, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 878–883. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.418