Needs assessment pengembangan media maze game on PC untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak
Muthmainah Muthmainah, Departemen Pendidikan Anak Usia Dini FIPP UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali fokus permasalahan dan analisis kebutuhan untuk mengembangkan media maze game on PC untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak. Penelitian ini merupakan bagian dari metode Research and Development menggunakan model pengembangan ADDIE yang difokuskan pada tahap analisis kebutuhan. Subjek penelitian adalah 36 pendidik PAUD yang ada di Kemantren Wirobrajan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada tahap analisis kebutuhan ini adalah menggunakan angket google form terkait dengan pengembangan media. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil needs assessment menghasilkan fokus permasalahan dan skala kebutuhan dari pengembangan media game maze on PC. Hasil needs assessment selanjutnya digunakan untuk membuat media game maze on PC yang kemudian diimplementasikan dengan diuji cobakan kemudian dilakuksan uji efektivitas produk pengembangan, dilakuka uji kepraktisan produk pengembangan, dan sampai pada evaluasi dari validator, guru dan anak atas hasil uji coba yang dilakukan pada skala besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N., Megiana Pertiwi, C., Amelia, R., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Analisis kebutuhan bahan ajar lembar kerja siswa pelajaran matematika berbantuan ict pada tingkat Sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 711–722. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.711-722
Antoni, C. D. (2015). Digital media and children age 0-6 : a snapshot on europe. European Journal of Research on Education, 7, 51–57.
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Instructional Design: The ADDIE Approach, 1–203. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Hidayah, R. N., & Wahyudi. (2020). Efektivitas media game geometry maze untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 11–17.
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(2), 263–278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Natalina, D. (2018). Menumbuhkan perilaku berpikir kritis sejak anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10508
Permatasari, L., Laely, K., & Sulistyaningtyas, R. E. (2021). Maze game development with scratch program to improve problem solving abilities of children aged 5-6 years. Prosiding 14th Urecol: Seri Pendidikan, 689–700.
Rinawati, A. (2017). Analisis kebutuhan (need assessment) pengembangan instrumen penilaian kompetensi kepribadian guru di kabupaten kebumen. An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v4i2.33
Santoso, S. (2006). Mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir logis pada anak usia dini. Perspektif Ilmu Pendidikan, 13, 60–63.
Saptiwi, N. A., & Lestariningrum, A. (2021). Pengembangan media maze kotaku untuk menstimulasi kemampuan memecahkan masalah pada anak usia 4-5 tahun. Journal Ashil, 1(2), 1–7. https://doi.org/https://10.33367/piaud.v1i1.1801
Selly, D. (2020). Penerapan permainan maze angka dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika anak usia dini di paud alamanda kecamatan tanjung bintang (pp. 1–100).
Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. U. R. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini dalam pembelajaran proyek di taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 29–36.
Tim Pelatihan GTK PAUD Berjenjang Tingkat Dasar. (2020). Konsep dasar PAUD. Direktorat guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Wahyuni, S., & Usman, J. (2020). Penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak di TK PKK jalmak desa jalmak kecamatan pamekasan kabupaten pamekasan jawa timur. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 160–173. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3687
Wulandari, A. D., Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2018). Game mazePengembangan game maze berbasis media interaktif sesuai tema untuk anak usia 5-6 tahun di TKIT izzudin palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7, 81–92. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26329
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.56917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats