Tipologi gambar anak usia 4-6 tahun

Prayitno Prayitno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Menggambar merupakan kegiatan yang sering diaplikasikan di TK, namun masih banyak guru TK yang belum mengetahui tipologi gambar anak. Fokus penelitian ini yaitu tipologi gambar anak usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipologi gambar anak yang diekspresikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode analisis data deskriptif analisis. Subjek penelitian ini berjumlah 123 karya gambar anak usia 4-6 tahun di Yogyakarta dan sekitarnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Penulis mendeskripsikan karya gambar yang dibuat oleh anak, kemudian dianalisis menggunakan instrumen pengamatan tipologi gambar anak, kemudian menyimpulkan dari hasil analisis tersebut. Data disajikan dalam bentuk diagram, tabel dan penjelasan naratifnya. Hasil penelitian tipologi gambar anak ini menunjukkan 76% bertipe visual dan 24% bertipe haptik. Faktor yang mempengaruhi karya gambar anak bertipe visual atau haptik adalah pengalaman empiris yang pernah dilalui oleh siswa TK itu sendiri.

Keywords


typology of images, images of children, early childhood

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan, metode dan paradigma baru. Bandung: Rosdakarya.

Dharsono. (2007). Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.

Isjoni. (2010). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta.

Kam Ching, F. D. (2002). Menggambar suatu proses kreatif. Jakarta: Erlangga.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2022, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Nomor 7 Tahun 2022, Jakarta.

Prayitno, dkk. (2021). Implementasi pembelajaran seni rupa paud di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak. 10 (2). 128-136.

Priyatno, A. (2015). Memahami seni rupa. Medan: Unimed Press

Read, H. (1958). Education through art. London: Faber and Faber.

Salam, S. dkk. (2020). Pengetahuan dasar seni rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sumanto. (2006). Pengembangan kreativitas seni rupa anak sd. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tabrani, P. (2014). Proses kreasi, gambar anak, proses belajar. Jakarta: Erlangga.

Tocharman, M. dkk. (2006). Pendidikan seni rupa. Bandung: UPI PRESS




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.53667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats