Identifikasi pola asuh orang tua di kecamatan mesuji makmur

Amira Adlina Ulfah, The Indonesian National Population and Family Planning Board, Indonesia

Abstract


Pola asuh orangtua yang baik akan membawa dampak baik bagi  perkembangan  anak  demikian  juga  sebaiknya. Orang tua memegang peranan penting dalam membentuk sistem interaksi yang intim dan berlangsung lama ditandai oleh loyalitas pribadi, cinta kasih dan hubungan yang penuh kasih sayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di kecamatan Mesuji Makmur pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa formulir. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada 35 orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun pola asuh yang sering diterapkan adalah pola asuh demokratis dengan persentase 85%. Anak yang diasuh dalam iklim pengasuhan demokratis maka anak cenderung memiliki percaya diri, lebih memiliki keinginan dalam bidang intelektual dan lebih konstruktif dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam iklim otoriter.

Keywords


early childhood; parenting; parent

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Nursanti, S., Hakim, H. L., & Saragih, P. U. H. B. (2019). Pengaruh kegiatan marketing public relations “saturday barbeque night” terhadap pembentukan citra swiss bel inn hotel karawang. Journalism, Public Relations, Media and Communications Studies Journal, 1(1), 50–61.

Aulia, K. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat disiplin anak usia 5-6 tahun di tk azzahra preschool (UIN Sumatera Utara). UIN Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/10346/1/Skripsi Karina Aulia Revisi.pdf

Fadlan, A., & Kasmadi, N. (2019). Pola asuh orang tua dalam pembinaan moral anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Filisyamala, J., Hariyono, H., & Rali, M. (2016). Bentuk pola asuh demokratis dalam kedisiplinan siswa sd. Jurnal Pendidikan, 1, 668–672.

Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Hu, Q. X., & Feng, Q. S. (2022). Parenting style and prosocial behaviour among chinese preschool children: A moderation model. Early Child Development and Care, 192(9), 1444–1461. https://doi.org/10.1080/03004430.2021.1888942

Juhardin, H. Jamaluddin Hos, dan H. S. R. (2013). Dampak pola asuh orang tua terhadap perilaku anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kholifah, K. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional aud tk muslimat nu 1 tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61–75. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24446

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak tk kelompok b se-gugus viii kecamatan kasihan bantul (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/65254/

Malonda, E., Llorca, A., Mesurado, B., Samper, P., & Vicenta Mestre, M. (2019). Parents or peers? Predictors of prosocial behavior and aggression: A longitudinal study. Frontiers in Psychology, 10(OCT), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02379

Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini di paud dan tk taruna islam pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak prasekolah (usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.22831

Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh pola asuh permisif terhadap kemandirian anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18

Ren, L., & Edwards, C. P. (2017). Chinese parents’ expectations and child preacademic skills: The indirect role of parenting and social competence. Early Education and Development, 28(8), 1052–1071. https://doi.org/10.1080/10409289.2017.1319784

Rizaty, M. A. (2022, April). Mayoritas perempuan indonesia bekerja sebagai tenaga penjualan. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/09/mayoritas-perempuan-indonesia-bekerja-sebagai-tenaga-penjualan

Saputra, S., Suryani, K., & Pranata, L. (2021). Pengalaman ibu bekerja terhadap tumbuh kembang anak prasekolah. Indonesian Journal Of Healath and Medical, 1(2), 151–163. Retrieved from http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm/article/view/25/22

Sari, C. W. P. (2020). Pengaruh pola asuh otoriter orang tua bagi kehidupan sosial anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597

Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Bali: Nilacakra.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunarty, K. (2016). Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Suteja, J., & Yusriah. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1331.g980

Wahyudi, D., & Arsana, I. M. (2014). Peran keluarga dalam membina sopan santun anak di desa galis. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 290–304.

Yan, Z., Han, C., Tian, X., & Lv, B. (2021). The influence of parenting style on sibling relations among children aged 4–6 in rural areas in Northern China–a regression model. European Early Childhood Education Research Journal, 29(4), 533–546. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1941168

Yuliasri, T. R., Nugraheny, E., & Atika. (2015). Perbedaan ibu bekerja dan tidak bekerja terhadap perkembangan anak. Jurnal Ilmu Kebidanan, 05, 119–125.

Zhang, J., Yan, Z., Nan, W., & Cai, D. (2021). Authoritarian parenting effect on children’s executive control and individual alpha peak frequency. Mind, Brain, and Education, 15(4), 280–288. https://doi.org/10.1111/mbe.12295




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.53155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats