Analisis tahapan pembelajaran seni tari anak usia dini di tk bakti 6 kowang
Joko Pamungkas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiningrum, M. D. B., & Rohidi, T. R. (2020). Strategi pengembangan motorik anak usia 5-8 tahun dan Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Tari Nawung Sekar. Sentra Cendekia, 15(1), 15–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jsc.v1i1.1189
Andriyani, N. M. M. (2017). Pembelajaran tari bali putri program pascasarjana. Retrieved from http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/8...
Dewi, J. K. (2020). Gerak dasar tari untuk anak usia dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2017
Ekman, P. (2010). Membaca emosi. Yogyakarta: Pustaka Baca.
Geršak, V. (2012). Creative movement-An opportunity for affective education. International Journal of Arts & Sciences, 1–10. Retrieved from https://repozitorij.uni-lj.si/Dokument.php?id=51591〈=eng
Hakimah, H.-, & Gunawan, H.-. (2018). Meningkatkan motivasi belajar anak melalui metode permainan dari bahan bekas pada kelompok B di kelompok bermain dharma mulya tenggarong seberang tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.24903/jw.v2i1.186
Hazhari, A., & Arismaputri, A. L. (2020). Analisis kegiatan tari kreasi bungong jeumpa terhadap kepercayaan diri anak usia dini. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(1), 17–28. https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.162
Juniasih, I. (2015). Peningkatan kreativitas gerak melalui kegiatan tari pendidikan berbasis cerita (Tarita). Pendidikan Usia Dini, 9(2), 319. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.092.08
Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i1.64
Maryono. (2012). Analisis tari. Surakarta: ISI Press Solo.
Menzer, M. (2015). The arts in early childhood: Social and emotional benefits of arts participation. 10–27. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/304498444_The_Arts_in_Early_Childhood_Social_and_Emotional_Benefits_of_Arts_Participation
Muthmainnah, -, Astuti, B., & Fatimaningrum, A. S. (2016). Pelatihan pengembangan permainan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 817–824. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12379
Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada paud. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689
Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh globalisasi terhadap minat generasi muda dalam melestarikan kesenian radisional Iindonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–39. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5616
Pamungkas, J. (2015). Estetika koreografi sebagai penunjang kreativitas seni anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 596–600. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12348
Raditya, M. H., & Pramayoza. (2019). Para penabuh tubuh sehimpun tulisan perihal saman gayo. Yogyakarta: Lintang Pustaka Utama.
Sobandi, B. (2008). Model pembelajaran kritik dan apresiasi seni rupa. Solo: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Subekti, A., & Budiawan. (2010). Seni tari: SMP/MTS Kelas VII-IX. Jakarta: Kemendiknas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyadi, & Ulfa, M. (2015). Konsep dasar paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ustadiyah, K. (2018). Pengaruh seni tari terhadap kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun di tk negeri pembina 1 medan T.A 2017/2018. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 12–17.
Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran olah gerak dan tari sebagai sarana ekspresi dan apresiasi seni bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 1–18.
Yetti, E.-. (2012). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan gerak tari terhadap kecerdasan emosional anak usia dini. Panggung, 22(2), 213–224. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i2.63
Yuningsih, R. (2015). Pembelajaran gerak dasar minang mahasiswa pascasarjana universitas negeri jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9, 235–236. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.092
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.52250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats