Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Azzahra Lampung Timur
Ibrahim Ibrahim, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriany, V. (2006). Optmalisasi perkembangan anak usia dini melalui kegiatan penyuluhan deteksi dini tumbuh kembang anak. Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 16.
Aisyah, & Marwiyah. (2018). Kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa pada pembelajaran pai. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 7184. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.314
Ata-Akturk, A., & Sevimli-Celik, S. (2020). Creativity in early childhood teacher education: beliefs and practices. International Journal of Early Years Education, 0(0), 120. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1754174
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.
Depdiknas. (2005). Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 2534. Retrieved from http://nurul24.blogspot.co.id/2012/01/perkembangan-fisik-dan-motorik-anak.html
Hanfstingl, B., Benke, G., & Zhang, Y. (2019). Comparing variation theory with Piagets theory of cognitive development: more similarities than differences? Educational Action Research, 27(4), 511–526. https://doi.org/10.1080/09650792.2018.1564687
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh metode eksperimen sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Herenita, T., & Yusiana, M. A. (2012). Peran orang tua dalam kegiatan bermain dalam perkembangan kognitif anak usia prasekolah (5-6 tahun). Jurnal STIKES, 5(2), 112.
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussadah, E., dan Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 97103. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063
Holis, A. (2016). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 2337. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/84.
Husna, F. (2017). Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan kognitif siswa pada mapel rumpun Pendidikan Agama Islam di MAN 02 Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus (UIN Walisongo). UIN Walisongo. Retrieved from https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7426.
Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di paud habibul ummi ii. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537
Jouwe, A. A., Situmorang, R. P., & Sastrodihardjo, S. (2018). Hubungan antara kreativitas guru biologi dengan hasil belajar kognitif siswa sma kota salatiga. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 213222. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.117.
Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.
Mendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 137, tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.
Ngongo, E. (2020). Pengaruh kreativitas mengajar guru sosiologi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2).
Peyre, H., Bernard, J. Y., Hoertel, N., Forhan, A., Charles, M. A., De Agostini, M., Ramus, F. (2016). Differential effects of factors influencing cognitive development at the age of 5-to-6 years. Cognitive Development, 40, 152162. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2016.10.001.
Rahayu, P. I., Pratitis, N. T., & Matulessy, A. (2021). Efektifitas pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kreativitas guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(01), 329338. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.594.
Rosilawati. (2012). Kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif di PAUD tunas harapan di kecamatan gandus. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 80.
Sari, S. M. (2018). Pengaruh kreativitas Guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. 181. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id.
Srimani. (2019). Meningkatkan kreativitas kemampuan kognitif anak usia dini melalui media kulit telur. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Sternberg, R. J. (2003). Creative thinking in the classroom. International Journal of Phytoremediation, 47(3), 325338. https://doi.org/10.1080/00313830308595.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Nurani, Y., Rofiah, Zainal, O., Osmala, R., & Tampiomas, E. L. (2014). Metode pengembangan kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yana, E., & Jayanti, R. P. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 2(2), 8894. Retrieved from https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/64/62.
Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 15611565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats