Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Azzahra Lampung Timur

Sefriyanti Sefriyanti, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Ibrahim Ibrahim, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kemampuan kognitif anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu diberikan stimulasi oleh guru dengan menggunakan kreativitasnya selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Azzahra Way Jepara Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan satu kelompok kelas sejumlah 15 anak usia 5-6 tahun dan guru usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan kognitif anak dari hasil kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data menggunakan Kolmogorov smirnov dan Uji prasyarat menggunakan paired sample T-test melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak. Hasil uji hipotesis analisis paired sample T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001<0,005, maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Azzahra.

Keywords


kreativitas; perkembangan; kognitif; anak

Full Text:

PDF

References


Adriany, V. (2006). Optmalisasi perkembangan anak usia dini melalui kegiatan penyuluhan deteksi dini tumbuh kembang anak. Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 16.

Aisyah, & Marwiyah. (2018). Kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif siswa pada pembelajaran pai. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 7184. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.314

Ata-Akturk, A., & Sevimli-Celik, S. (2020). Creativity in early childhood teacher education: beliefs and practices. International Journal of Early Years Education, 0(0), 120. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1754174

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Depdiknas. (2005). Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Fitriani, R. (2018). Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 2534. Retrieved from http://nurul24.blogspot.co.id/2012/01/perkembangan-fisik-dan-motorik-anak.html

Hanfstingl, B., Benke, G., & Zhang, Y. (2019). Comparing variation theory with Piagets theory of cognitive development: more similarities than differences? Educational Action Research, 27(4), 511–526. https://doi.org/10.1080/09650792.2018.1564687

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh metode eksperimen sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Herenita, T., & Yusiana, M. A. (2012). Peran orang tua dalam kegiatan bermain dalam perkembangan kognitif anak usia prasekolah (5-6 tahun). Jurnal STIKES, 5(2), 112.

Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussadah, E., dan Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 97103. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063

Holis, A. (2016). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 2337. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/84.

Husna, F. (2017). Kreativitas guru dalam mengembangkan kecerdasan kognitif siswa pada mapel rumpun Pendidikan Agama Islam di MAN 02 Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus (UIN Walisongo). UIN Walisongo. Retrieved from https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7426.

Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di paud habibul ummi ii. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 250. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Jouwe, A. A., Situmorang, R. P., & Sastrodihardjo, S. (2018). Hubungan antara kreativitas guru biologi dengan hasil belajar kognitif siswa sma kota salatiga. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 213222. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i2.117.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.

Mendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 137, tahun 2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini.

Ngongo, E. (2020). Pengaruh kreativitas mengajar guru sosiologi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2).

Peyre, H., Bernard, J. Y., Hoertel, N., Forhan, A., Charles, M. A., De Agostini, M., Ramus, F. (2016). Differential effects of factors influencing cognitive development at the age of 5-to-6 years. Cognitive Development, 40, 152162. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2016.10.001.

Rahayu, P. I., Pratitis, N. T., & Matulessy, A. (2021). Efektifitas pelatihan problem solving dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kreativitas guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(01), 329338. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.594.

Rosilawati. (2012). Kreativitas guru dalam mengembangkan potensi kognitif di PAUD tunas harapan di kecamatan gandus. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 80.

Sari, S. M. (2018). Pengaruh kreativitas Guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. 181. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id.

Srimani. (2019). Meningkatkan kreativitas kemampuan kognitif anak usia dini melalui media kulit telur. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sternberg, R. J. (2003). Creative thinking in the classroom. International Journal of Phytoremediation, 47(3), 325338. https://doi.org/10.1080/00313830308595.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Nurani, Y., Rofiah, Zainal, O., Osmala, R., & Tampiomas, E. L. (2014). Metode pengembangan kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yana, E., & Jayanti, R. P. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. 2(2), 8894. Retrieved from https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/64/62.

Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 15611565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats