Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul

Sarjiyani Sarjiyani, TK Negeri Pembina Bantul Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Sebelum anak dapat berbicara dan berkomunikasi dengan baik, anak melakukan aktivitas menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bantul. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian ini adalah 17 anak Kelompok B3 TK Negeri Pembina Bantul yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu 75 %. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan media gambar. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang berada pada kriteria Kemampuan anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) semula 4 anak (23,5%) pada Siklus I menjadi 7 anak (41,2%) pada Siklus II, artinya mengalami peningkatan 17,7%. Kemampuan anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) semula hanya 1 anak (5,9 %) pada Siklus I menjadi 7 anak (41,2%) pada Siklus II, artinya mengalami peningkatan 35,3%.


Keywords


kemampuan menyimak, metode bercerita, media gambar, anak

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdikbud. (2014). Permendikbud nomor 146, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 PAUD.

Dhieni, N. (2014). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Gunarti, W. (2015). Metode pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak usia dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhani, I dan Wihardit, K. (2014). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats