Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul

Siti Akhiyati, TK NEGERI PEMBINA BANTUL, Indonesia

Abstract


Kemampuan motorik halus menjadi salah satu dasar bagi kemampuan menulis anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat pada kelompok A di TK Pembina Negeri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80 %. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan motorik halus anak yang mencapai mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan) mengalami peningkatan yang semula 3 anak (17 %) pada Siklus I menjadi 5 anak (27,8 %) pada Siklus II, artinya peningkatannya sebesar 13,8 %. Selain itu, kemampuan motorik halus anak yang mencapai BSB (Berkembang Sangat Baik) mengalami peningkatan yang semula ada 5 anak (28 %) yang mencapai BSB pada Siklus I, menjadi 11 anak (61,1 %) pada Siklus II, artinya peningkatannya sebesar 33,1 %.


Keywords


kemampuan motorik halus, melipat, anak

Full Text:

PDF

References


Depdikbud. (2003). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Depdikbud. (2014). Permendikbud nomor 146, Tahun 2014, tentang kurikulum 2013 PAUD.

Dewi, N.K. (2017). Stimulasi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan Anak Volume 7 Edisi 1.

Jakni. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Martinis, Y. dan Sabri, J.S. (2013). Panduan paud. Jakarta: Referesi.

Sa’dun, A. (2009). Penelitian tindakan kelas: filosofi, metodologi, implementasi: Yogyakarta: Cipta Media.

Suharsimi Arikunto. (2011). Penelitian tindakan. Yogyakarta: Aditya Madia.

Sujiono, Y.N dkk. (2010). Metode pengembangan kognitif. Universitas Terbuka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats