Peran Guru Dalam Merancang Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-Kanak

- Samsiah,

Abstract


Perkembangan sosial emosional memiliki peran penting dalam interaksi sosial anak. Pendidik hendaknya memfasilitasi dengan menyediakan kondisi sosial yang dapat meningkatkan kematangan dan kesempatan belajar. Pendidik bisa memulai suatu tema yang dapat mengikat, menumbuhkan ketertarikan dan keterlibatan anak dalam pembelajaran.Menurut Permendiknas nomor 58 tahun 2009, tema adalah alat untuk mengenalkan berbagai konsep, topik dan ide kepada anak didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema berfongsi untuk menyatukan isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh (holistik), membuat pembelajaran lebih bermakna dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas. Rancangan pengembangan sosial emosional di desain dalam rancangan kurikulum yang menumbuhkan minat anak dengan menciptakan rancangan metode pengembangan sosial emosi melalui pembelajaran berbasis tema yang membutuhkan skenario pembelajaran dan rancangan Lingkungan Pembelajaran berbasis tema yang baik.

Kata kunci: Peran guru, metode pengembangan sosial emosional, anak TK



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats