Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto

Yuvi Erfiana Taznidaturrohmah, Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang
Pramono Pramono, Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang
Suryadi Suryadi, Pendidikan Guru PAUD, FIP, Universitas Negeri Malang

Abstract


Kemampuan motorik halus penting distimulasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan morik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dibantu dengan pengolahan data kuantitatif dengan tahapan-tahapanya yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kegiatan montase yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Dinoyo Mojokerto. Pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh anak adalah 74,1 dan meningkat pada Siklus II dengan skor rata-rata 87; dan (2) Pada tahap pra-tindakan skor rata-rata yang diperoleh anak adalah 53,1, kemudian dan mengalami peningkatan pada Siklus I dan II dengan skor rata-rata 74,5 dan 87,5.


Keywords


kemampuan motorik halus, montase, anak

Full Text:

PDF

References


Afriyanti. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menempel Melalui Permainan Kolase Dari Bahan Alam Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 14–26.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Astira, N. Y. 2018. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Montase pada Anak Kelompok B2 di TK DWP Dikpora Ampenan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal PAUD .Vol. 06.

Aqib, Z. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Yrama Widya.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.web.id/

Birohmatik, M. N., Shaifuddin, M., & Palupi, W. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar Teknik Montase pada Anak Kelompok B Ra As-Syafi’iyah Juwiring Klaten Tahun 2015/2016. Jurnal Paud UNS, 1(12).

Dema, Y., & Awallia, T. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Montase pada Anak Kelompok B Ra Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. PINUS, 2(2).

Dewi Maria, M., Ida Bagus Surya, M., & Gusti Ngurah Sastra, A. 2019. Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Di Tk Ikal Widya Kumara Sidakarya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 90. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18762

Fuad, Z., Helminsyah, & Subhananto, A. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Montase Kreatif dengan Teknik Lihat, Gunting, Tempel, dan Ceritakan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 8(2), 280–295. Retrieved from visipena.stkipgetsempena.ac.id

Gunarti, W. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasanah, U. 2016. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 115–134. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1232

Imroatus, S. 2016. Kegiatan Menempel Kolase Sederhana terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang Di SLB C. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–13.

Indraswari, L. 2013. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Pesona PAUD, 1(1), 1–13.

Kebudayaan, K. P. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. diunduh dari http://www.kemdikbud.go.id/archieve.

Kebudayaan, K. P. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. dari http://www.kbbi.kemdikbud.go.id

Lin, L., Cherng, R., & Chen, Y. 2017. Effect of Touch Screen Tablet Use on Fine Motor Development of Young Children, Physical & Occupational Therapy In Pediatrics,. Juornal of Children Health, 2. Retrieved from doi:%0A10.1080/01942638.2016.1255 290

Marotz., K., Eillen, A., 2010. Profil Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muharrar, S. 2012. Kreasi Kolase, Montase, Kolase. Semarang: Erlangga.

Munawara, R. 2011. Hubungan Kegiatan Montase Dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B1 Tk Alkhairaat Tondo Palu (Tadulako). Retrieved from jurnal.untad.ac.id › jurnal › index.php › Bungamputi › article › download

Naibaho, S., & Indarto, W. (2018). The Influence Of Montage Activity To Fine Motoric Ability Of Children Age 5-6 Years In Tk Tunas Melati Kandis , Kabupaten Siak Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Melati Kandis , Kabupaten Siak. Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–13.

Nasional, K. P. 2013. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Noviasiam. 2012. Pengaruh Bermain Montase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK A Bustanul Athfal Aisyiah Karangasem. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurul, A., Nasikin, I., & Bariroh, Z. 2018. Montase dan Pembelajaran, Montase sebagai Pembangun Daya Fikir dan Kreatifitas Anak Usia Dini. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Paramita, M. V. A., & Sutapa, P. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–15.

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. 2018. Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Ramadhaniyati, Irawan Dwi, S., & Sukarni. 2018. pengaruh terapi bermain menggunting kertas terhadap peningkatan motorik halus pada anak dengan Autism Spectrum Disorders (ASD) di SLB Bina Anak Bangsa (Vol. 50). Universitas Tanjungpura.

Shafa, M. B. 2016. Pengaruh Aktivitas Permainan Montase Terhadap Peningkatan Keterampilan Meniru Bentuk Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Universitas Lampung; Vol. 3). Retrieved from digilib.unila.ac.id

Sujiono. 2011. Metode Pengembangan Fisik (eleven ted.) (11th ed.). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sunaryo, A. 2010. Bahan Ajar Seni Rupa Handout. Jurusan Seni Rupa UNNES. (1st ed.). Semarang: Jurusan Seni Rupa UNNES.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (1st ed.). Jakarta: Kencana Adv.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/

Tanti, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A di TK Khadijah 2 Surabaya. Publica, 10(1), 1–154.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan BelajarAnak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats