Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Arumi Savitri Fatimaningrum, Jurusan PAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Rina Wulandari, Jurusan PAUD FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terkait kegiatan menyanyi dalam pembelajaran anak. Guru masih beranggapan bahwa hafal lirik, menyanyi sesuai nada, berani menyanyi di depan sebagai indikator bahwa perkembangan aspek seni pada anak telah optimal. Metode penelitian adalah survey terhadap pendidik PAUD di Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian sebanyak 29 guru, teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk mengetahui apa yang dirasakan guru mengenai kegiatan menyanyi, kemudian guru-guru di TK apakah menyukai kegiatan menyanyi. Kegiatan menyanyi apakah dapat mempengaruhi perkembangan anak serta pesan moral dari syair lagu dapat dipahami anak sehingga kegiatan dapat mengubah perilaku anak. Bagian kedua penelitian ini untuk mengetahui apa yang dilakukan guru dalam kegiatan menyanyi. Bagaimana guru mempersiapkan lagu yang akan disampaikan pada anak termasuk alat music dan cara guru mendapatkan ide membuat lagu baru. Informasi yang diperoleh dari subjek penelitian menggambarkan bahwa kegiatan menyanyi yang disampaikan guru pada anak usia dini ada dipersiapkan dan ada yang spontan. Sehingga dapat dipahami bahwa kegiatan menyanyi ada yang berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran namun ada pula yang tidak bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. & Asrori, M. (2009). Psikologi remaja: pengembangan peserta didik. Edisi 6. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Barrett, M.S. et al. (2018). Evaluating the impact of a generalist teacher-led music program on early childhood school children’s singing skills and attitudes to music. Sempre, journals.sagepub.com/home/pom, DOI: 10.1177/0305735618790355
Christianti, M., Hayati, N., Fatimaningrum, A.S. (2017), Penerapan LEA (Language Experience Approach) melalui Cerita Budaya Lokal untuk Mendukung Membaca Awal pada anak di TK, Laporan penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Hayati, N., Muthmainnah, Rahmawati, R. (2015). Development of conomy Token Model In Early Childhood Learning", diterbitkan dalam Proceeding 2nd International Conference on Current Issues in Education, 25-26 Agustus 2015, ISSN:2460-7185, Available at: http://pps.uny.ac.id/sites/pps.uny.ac.id/files/Proceding-final-cd-LV.pdf
Irwanto. (2002). Psikologi umum. Jakarta: PT Prenhallindo.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini, Jakarta, Available at: http://disdik.banjarbarukota.go.id/produk_hukum/Permendikbud%20Standar%20 Nasional%20PAUD.pdf
Muhaiban. (2002). Strategi Pembelajaran Al-Arabiyah Lil-Athfal. Malang: Makalah disajikan Dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Ridwan & Awaluddin, A.F. (2019). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab di raodhatul athfal. Didaktika jurnal kependidikan, volume 13, No 1 Juni, P-ISSN 19780214; E-ISSN2657-196X
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, K.M. (2007). Psikologi kognitif. edisi kedelapan. (Alih bahasa: Rahardanto, M. & Bartuadji, K.). Jakarta: Erlangga.
Susilawati. (2014). Penerapan metoda bernyanyi dalam meningkatkan kecerdasan berbahasa pada pendidikan anak usia dini (studi deskriptif tentang penerapan metoda bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Jurnal Empowerment Volume 4, Nomor 2 September, ISSN No. 2252-4738
Wulandari, R. (2011). Pengembangan lagu untuk anak usia dini 4-6 tahun, Dinamika Pendidikan Vol.18 No.2, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Available at:https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4080/0
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats