Meningkatkan Kemampuan Bercerita Sederhana dengan Media Gambar Seri di Kelompok A3 TK Aba Mertosanan Banguntapan Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan ketrampilan bercerita sederhana melalui media gambar seri. Diharapkan denganmeningkatnya keterampilan bercerita melalui gambar seri, dapat menarik perhatian anak serta dapat mengembangkan bahasa anak. Bercerita sederhana suatu penyampaian pesan, informasi atau sebuah dongeng yang terdapat muatan-muatan mendidik, dalam penyampaian pesan/informasi ada beberapa faktor yang dapat menunjang keefektifan bercerita yaitu faktor kebahasaan dan non kebahasaan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 hari, pelaksanaan siklus I belum menunjukkan peningkatan yang diharapkan guru. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita melalui media gambar media pembelajaran yang menarik. Setelah di evaluasi berani bercerita dan terampil lancar bercerita melalui gambar seri pada siklus pertama. Keberanian bercerita dari kondisi awal 27% pada siklus I menjadi 53% dan pada siklus ke II menjadi 73%. Sedangkan pada kelancaran bercerita pada kondisi awal 33% pada siklus ke I menjadi 53% dan pada siklus ke II menjadi 78%. Dengan demikian ternyata penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keberanian dan keterampilan kelancaran bercerita sederhana di kelompok A3 TK ABA Mertosanan, Potorono, Banguntapan, Bantul.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats