Pembelajaran Menggambar dengan Accelerated Drawing Technique (ADT) untuk Anak Usia Dini

Sevilia Sujarwo Indrias Putri, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Trisakti Trisakti, Universitas Negeri Surabaya

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembelajaran menggambar Accelerated  Drawing  Technique  (ADT)  di  sanggar  Creativ  Kids  Kediri. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa usia dini di sanggar Creativ Kids Kediri, sebanyak 36 siswa. Pembelajaran menggambar Accelerated Drawing Technique (ADT) adalah teknik  cepat menggambar  dengan  menggunakan  bidang  yang  ditarik  garis lurus atau lengkung sehingga menghasilkan gambar hewan yang diinginkan. Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di sanggar ini dapat menggambar dengan Accelerated Drawing Technique (ADT).  Hal  itu  dapat  dilihat  dari  hasil  karya  yang  dibuat  oleh  siswa  di sanggar. Hasil karya siswa sanggar yang mendapat kriteria baik 53%, kriteria cukup 33%, kriteria kurang 14%. Pembelajaran menggambar Accelerated Drawing Technique (ADT) ini menanamkan karakter positif di antaranya kreatif, disiplin, tanggung jawab, dan menghargai karya. Selain itu karya yang dibuat memiliki keunikan tersendiri.  Karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat sebagai  referensi  di  dunia  pendidikan  baik  untuk  siswa  maupun  guru  di sanggar maupun sekolah.


Keywords


Learning, drawing, ADT, children, early age

Full Text:

PDF

References


Pertiwi, W. (2018). Peningkatan Kreativitas Melalui Bermain Kreasi Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Anak

Lestari, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak.

Sufiati, V., Afifah, S. (2019). Peran Perencanaan Pembelajaran Untuk Performance Mengajar Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Guilford. 1986. An Organizational Approach to Childhood Depression. University of Minnesota Driven to Discover : (71-134).

Ira Rengganis. 2018. Analisis Gambar Karya Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan : Vol. 1, No. 1, (50-73).

Jalal. 2001. Translocation Involving The Immunoglobulin Heavy-Chain Locus Are Possible Early Genetic Events In Patients With Primary Systemic Amyloidosis. American Society Of Hematocology : Vol. 98, No. 98, (2266-2268).

Jamaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Grasindo.

Jung. 1964. La Riapertura Del Museo Di Storia Cina. Jornal Article : Vol. 8, No. 13, (29-36).

Karmas. 1976-2007. Optimizing Femoral Component Rotation in Total Knee Arthroplasty. Clinical Orthopaedics and Related Research : Vol. 392, No. 1, (38-45).

Kurniawan, Heru. 2016. Sekolah Kreatif Sekolah Kehidupan yang Menyenangkan untuk Anak. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Loita, Aini. 2017. Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini .Jurnal Pendidikan : Vol. 1, No. 1, (1-14).

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Pamadhi (2012). Pendidikan Anak Usia Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta Cet. II.

Prastowo. 2016. Experimental Study on a Standing Wave Thermoacoustic Prime Mover With Air Working Gas at Various Pressures. Journal of Physic : Vol. 710, No. 10, (1742-6596).

Rizki, Waridha Imaniar. 2017. Kajian Jurnal Bergambar Sebagai Media Komunikasi Anak Kepada Orang Dewasa di Sekitarnya. Jurnal Sosio Teknologi : Vol. 16, No. 3, (247-258).

Samples, JR. 1997. Mapping a Gene For Adult-Onset Primary Open-Angle Glaucoma to Chromosome 3q. American Journal of Human Genetics : Vol. 60, (296-304).

Sumantri. 2004. Leang Sakapao 1, a Second Dated Pleistocene site from South Sulawesi, Indonesia. Australian National University : Vol. 8, No. 00120, (111-128).

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara.

Susanto S, Sewan. Teks. 1980. Seni Kerajinan Batik Indonesia. Yogyakarta : Balai Penelitian Batik dan Kerajinan.

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan. Di Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta : Adicita Karya Nusantara.

Tabrani, Primadi. 2006. Kreativitas dan Humanitas. Yogyakarta: Jalasutra.

--------------------. 2014. Proses Kreasi Gambar Anak Proses Belajar. Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28779

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats