Implementasi program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris pada playgroup and kindergarten

Fitriani Kimalasari, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris yang terdiri atas: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di kelas Kidergarten Ananda Mentari Playgroup and kindergarten Bumijo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 kepala sekolah, 1 guru kindergarten, 1 tenaga kependidikan, 1 trainer, dan 1 wali murid. Objek penelitian yaitu program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dokumentasi serta catatan lapangan. Instrument penelitian menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan program pembelajaran dalam lingkungan berbahasa Inggris menggunakan kurikulum adaptasi dari 4 negara, (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, metode dan materi untuk anak didik menggunakan bahasa Inggris dengan jenis kegiatan eksploratif. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan checklist dan anekdot sesuai usia perkembangan anak. (4) Faktor pendukung program pembelajaran adalah kerjasama antar guru dan parents club. (5) Faktor penghambat program pembelajaran adalah persaingan dengan sekolah lain, lokasi tidak strategis, dan sulit mencari guru yang memenuhi kriteria

 

Abstract

The purpose of this research is to describe a learning program based on English-language environment which consist of study planning, implementing, and evaluating that applied in kindergarten class at Ananda Mentari Playgroup and Kindergerten Bumijo Yogyakarta. This study requires descriptive method and qualitative approach. The subjects of this research are one of headmaster, one of kindergarten teacher, one trainer, and one of student guardian. The object of this study is about learning in an English-language environment. The data collection techniques used in this research are such as structured interviews, observations, documentations also field notes. The instrument has a interactive model consist of data reduction, data presentation, and data conclusion. This study shows that (1) the learning program based on English-language environment planning is adopted from 4 countries curriculums, (2) the english based study implementation, methods, and materials for the students are using a more explorative activities, (3) class evaluation used by checklist and anecdote suited for children growth, (4) the supporting factors of the learning program are cooperation between teachers and parents clubs. (5) the inhibiting factor of the learning program is competition with other schools, the location is not strategic, and it is difficult to find teachers who meet the criteria.


Keywords


program pembelajaran; lingkungan berbahasa Inggris; anak usia dini; learning program; English language environment;, early childhood

Full Text:

Fulltext PDF

References


Diakses pada 15 Februari 2019 dari http://ejournal.upi.edu/index.php/cak rawaladini/article/download/10521/6 505.

Eva, R. N. (2015). Pembelajaran bahasa inggris pada anak usia dini di sekolah alam exellentia pameksan madura. Jurnal OKARA. Vol. 1. Diakses pada 14 Februari 2019 dari http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/i ndex.php/okara/article/download/582/564.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Moeslichatoen R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Muafiah, E. (2016). Strategi pembelajaran multiple intelligences di TK/RA Ponorogo. Jurnal ThufuLA. Vol. 4. No. 1. Diakses pada 30 Januari 2019 dari https://www.researchgate.net/publica tion/329780143_STRATEGI_PEMBELAJARAN_MULTIPLE_INTELLI GENCES_DI_TKRA_PONOROGO/download.

Nurbiana, D., dkk. (2007). Metode pengembangan bahasa (hakikat perkembangan bahasa anak). Semarang: IKIP Veteran.

Otto, Beverly. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Jakarta: Prenandamedia Group.

Paramita Desintya. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Kelompok B dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Pesan Berantai di TK Pertiwi III Sawahan, Ngemplak, Boyolali. Skripsi, dipublikasikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purba, A. (2013). Peranan lingkungan bahasa dalam pemerolehan bahasa kedua. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak jilid 1 edisi kesebelas. Jakarta: PT.Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Sujud, A. (1979). Pengantar administrasi pendidikan. Yogyakarta: FKIP IKIP.

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi dan aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.

Suyadi. (2010). Konsep dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tirtaraharja & La Sulo. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina, S. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Winti, A. (2015). “Should I Speak in English All the Time?” Teacher’s Talk pada Pengenalan Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 5. No. 2.

Wuryani, T. A. (2016). Pembelajaran anak usia dini berbasis multiple intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol. 1. No. 2. Diakses pada 30 Januari 2019 dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/ar ticle/download/1211/1104/.

Yuliani, N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats