“KONTRAK PERILAKU” DAPAT MENANAMKAN KEBIASAAN BAIK PADA SISWA KELOMPOK B3 TK MASYITHOH PIJENAN BANTUL SEHINGGA MENJADI SISWA YANG BERKARAKTER “ MANTAB”
Abstract
Best Practice ini dilakukan untuk menanamkan karakter mandiri dan tanggung jawab dengan “ Kontrak Perilaku “ di TK Masyithoh Pijenan. Pengamatan dan penggunaan “ Kontrak Perilaku” ini dilaksanakan dari tanggal 18 Juli sampai dengan 18 Agustus 2017. Siswa yang ada di kelompok B3 berjumlah 20 anak. Pengamatan diawali dari hari pertama masuk sekolah. Dalam Kurikulum2013 PAUD lingkup perkembangan Sosial Emosional anak berumur 5-6 seharusnya sudah memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan diri, mengenal perasaan sendiri dan mampu mengelolanya secara wajar,tahu akan haknya, mentaati aturan kelas, mengatur diri sendiri, bertanggung jawab atasperilakunya untuk kebaikan diri sendiri,mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada,dan bersikap kooperatif. Tujuan pendidikan anak usia dini adalah terbentuknya generasi yang beriman, bertaqwa,cerdas, terampil, mandiri dan berbudaya. Hal tersebut belum muncul pada perilaku anak- anak kelompok B3 karena ditemukan dari pengamatan masih banyak siswa yang menangis saat ditinggal ibunya. Setelah selesai bermain, anak- anak tidak mengembalikan mainan pada tempatnya, lebih suka bermain danbercanda dari pada menyelesaikan dan melakukan apa yang menjadi tugas dan perintah guru. Hal ini yang membuat guru melakukan Kontrak Perilaku kepada anak anak kelompokB3 untuk menanamkan kemandirian dan rasa tanggung jawab. Setelah Kontrak Perilaku diterapkan pada anak- anak kelompok B3 TK Masyithoh PijenanBantul maka dapat disimpulkan bahwa Kontrak Perilaku ini sangat tepat untuk menanamkan karakter pada anak usia dini sehingga mereka saat ini sudah mandiri dan bertanggung jawab.
Kata Kunci: best practice, pendidikan anak usia dini, kontrak perilaku
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats