ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PG PAUD KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU
Abstract
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru harus memiliki kompetensi. Salah satu jenis kompetensi guru adalah kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keadaan kompetensi guru PAUD yang telah menyelesaikan studi S1 dari kabupaten kampar. Metode yang digunakan deskripsi kuantitatif dengan melakukan test terhadap 35 orang guru. Dari hasil penelitian dapat diketahui indikator Menguasai konsep dasar bahasa sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak dengan nilai persentase 51.43%. Menguasai konsep dasar pendidikan jasmani sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang pengembangan anak dengan nilai persentase 46.67%. Menguasai alat permainan untuk pengembangan aspek sosial emosional anak TK/PAUD dengan nilai persentase 58.57% kategori rendah Memahami kemampuan anak TK/PAUD dalam setiap bidang pengembangan dengan nilai persentase 41.90%. Memahami kemajuan anak dalam setiap bidang pengembangan di TK/PAUD dengan nilai persentase 54.29%. Mengolah materi bidang pengembangan secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dengan nilai persentase 55.71%. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan dengan nilai persentase 45.71%. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan dengan nilai persentase 58.57%, delapan kategori tersebut termasuk dalam kategori rendah sedangkankan mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber dengan nilai persentase 28.57% kategori sangat rendah.
Kata Kunci: kompentensi profesional, guru pg paud, kabupaten kampar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats