PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK

Ika Budi Maryatun,

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan langkah-langkah pengembangan tema pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literasi untuk menggali berbagai teori tentang pengembangan tema. Hasil dari kajian adalah langkah pengembangan tema yang meliputi tiga langkah utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Langkah persiapan berisi analisis sumber tema. Langkah pelaksanaan meliputi :

(1) memilih topik sebagai tema; (2) brainstorming tentang tema; (3) mencari literatur; (4) mengembangkan tema besar menjadi tema kecil; (5) menyusun konsep pengetahuan; (6) menentukan puncak tema; dan (7) melaksanakan tema. Langkah tindak lanjut berisi evaluasi pelaksanaan tema.

 

Kata kunci: Tema pembelajaran, taman kanak-kanak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats